1,240,000 untuk ayat-ayat cinta dan 717,000 untuk “ayat-ayat cinta”

ayat-ayat cintaIseng-iseng memasukan key word ayat-ayat cinta ke mesin pencari google dan hasilnya 1,240,000 FANTASTIC bukan? dan ketika mencoba mengetikan kata yang sama tetapi memakai tanda kutip hasilnya 717,000. Lebih hebatnya lagi urutan pertama adalah www.ayatayatcintathemovie.com (ini sih wajar situs reminya) dan yang kedua adalah Youtube (saya kira inilah yang paling fenomenal karena film ayat-ayat cinta dapat didownload dengan gratis. Jujur saja saya juga ngeliat fim ayat-ayat cinta bajakan di tempat temen (maaf kalo gak menghargai karya anak bangsa). Barangkali film gratisan ini juga yang turut mempopulerkan film itu sendiri hingga menurut kabar mendapat keuntungan 24 miliar. Bahkan yang menonton dan gandrung serta penasaran tidak saja orang Indonesia tetapi juga dari Asia Tenggara. Ayat-ayat Cinta telah menembus pasar film asia dan mungkin nantinya dunia. Jujur, sebuah prestasi luar biasa.

Terlepas dari pro dan kontra, pujian dan sinisme terhadap film ini tapi fakta membuktikan bahwa film ini termasuk juga lagunya yang dinyanyikan oleh Rosa mendapat apresiasi besar dari sebagian masyarakat. Apresiasi yang cukup besar dibanding film-film yang lain menyiratkan pertanyaan : ada apa dengan AAC sampai bisa menyihir begitu banyak penonton? Well menurut saya ada dua sebab pertama dari judulnya “ayat-ayat cinta” sungguh marketable dan religiustable. Kata “ayat-ayat” menarik orang karena kereligiusannya dan “cinta” seperti adalah kata yang sempurna “love” is sempurna. Dua hal yang saat menjadi satu, sebuah perpaduan yang pas.

Saya sendiri sudah pernah membaca bukunya dan sudah menonton filmnya (walau bajakan… dosa gakya?) Hmm kalo untuk membandingkan antara film dan buku barangkali sulit bagi saya ada kelebihan dan kekurangannya. Tapi yang patut menjadi pertanyaan adalah bahwa fenomena ayat-ayat cinta adalah gambaran sosiologis dan psikologis dari masyarakat yang rindu sebuah bentuk material dari kegersangan hati sekaligus kesenangan akan ‘cinta’ itu sendiri. ….. ditambah sebuah proses komersialisasi terhadap keduanya.

“… gus, matikan tv mu, tolong belikan minyak tanah, sekarang harga minyak tanah kok naik ya?”…”

5 Komentar »

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/film/1_240_000_untuk_ayat_ayat_cinta_dan_717_000/

  2. ayaelectro said

    ayat-ayat cinta, kisah fenomenal dengan segudang pelajaran dibaliknya.

  3. anto said

    mengenai tulisan:
    coba dengarkan ilustrasi musik film aac di menit : 17, 37, 56.
    ada agenda zionis dibalik film aac.ayat-ayat cinta pake ilustrasi musik spiritual yahudi. coba cek di film karya sutradara yahudi steven spielberg :schindler list (film yang dilarang diputar di Indonesia oleh pemerintah tahun 97-an karena berisi kampanye zionisme dan ditolak umat islam). Song theme schindler list sama persis dengan ilustrasi musik yang dipakai di ayat2 cinta(bukan yang lagunya rosa). coba search di youtube “schindler list music” atau
    di. http://www.youtube.com/watch?v=aX2qP3gP_Vs dan http://www.youtube.com/watch?v=ueWVV_GnRIA&feature=related musik itu digubahh komponis zion bernama itzhak Perlman yang diperuntukan untuk kampanye zionisme internasional . mengapa film islam menggunakan ilustrasi musik spiritual yahudi???

    tanggapan saya:
    benar, kalau kita perhatikan dengan seksama ada musik yahudi di film itu. saya udah cek di youtube. dan saya sudah nonton film schindler list dengan lengkap.film itu sangat jewish sekali. ada kesamaan dalam ilustrasi musiknya.kalau film aac sampai diketahui orang2 jewish, mereka pasti sangat bangga, betapa film islam yang ditonton oleh 3 juta (konon) orang menggunakan musik spiritual mereka.

    kalo memang harus ada plagiat musik dalam film itu, kenapa yang dipilih lagu yahudi? kalo memang harus ada lagu yahudi di film itu kenapa harus dipilih lagu SPIRITUAL yahudi? kan banyak musik2 lainnya yang ngga provokatif yang bisa dibajak dan diplagiat. kalo memang harus ada ilustrasi film lain yang disisipi aac kenapa harus film schindler list? ?. pensisipan ilustrasi musik yahudi dalam aac saya yakin bukan unsur ketidaksengajaan. ada hidden massage, ada pesan tersembunyi, ada komunikasi konspiratif.film schindler list memang awam dikalangan masyarakat indonesia, karena film itu memang dilarang oleh MUI dan pemerintah indonesia. tapi dikalangan sineas? film itu bukan sesuatu yang asing.

  4. Dhemito said

    To kaitokid 724 :
    Saya dah gabung, makasih pujiannya, hmm tulisannku gak bagus2 amat kok,…. heheh itu komentnya kopi paste ya: biar cepet terkenal ya situsnya heheh gak papa, saya baca komen anda di blognya mas fatih juga … any way thanks banget atas infonya.

    To Aya yang baik: film dan buku ayat2 cinta memang penuh segudang pembelajaran, ada makna dibalik semua. Keep be your self. Realitas adalah segalanya….thnaks dah baca

    To Anto : mana link blogmu?: mengenai ini, Saya setahu saya memang itu lagu Yahudi dan kalo tidak salah lagu gubahnnya sering kok dinyanyikan oleh warga NU… kemerin habis ikut pegajiannya Cak Nun (Emha) di Kasihan Bantul Yogyakarta. Makasih tas infonya. Hanya Allah SWT yang tahu dan mudah2an Iman kita tetap terjaga. Amin.

  5. vj ithai said

    Wah…..ini memang film yang sangat berkesan buatku !

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: